Kanal

Program Ketahanan Pangan 1000 Hektar Korem 031/WB: Dandim 0321/Rohil Pimpin Tanam Jagung di Lenggadai Hulu

ROKAN HILIR,riaupower.com - Letkol Inf M Erfani SH M.Tr (Han), Dandim 0321/Rohil secara langsung memimpin penanaman jagung seluas 5 hektare di Kepenghuluan Lenggadai Hulu, Kecamatan Rimba Melintang, Senin (18/4/2022). Program ini merupakan program ketahanan pangan 1000 hektar Korem 031/Wirabima bersama dinas pertanian se p[rovinsi Riau. Peluncuran ketahanan pangan Korem 031 Wirabima bersama Dinas Pertanian Provinsi Riau tersebut berlangsung serentak secara virtual dan dipimpin langsung oleh Danrem 031 Wirabima Brigjend TNI Parlindungan Hutagalung S.A.P yang dihadiri Gubernur Riau H Syamsuar.

Penanaman jagung seluas 5 hektare di Kepenghuluan Lenggadai Hulu, Kecamatan Rimba Melintang dihadiri oleh wabup Rohil H Sulaiman,SS,MH, wakil ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, wakapolres Rohil, Kasi Intel Kejari Rohil Yogi Hendra SH MH, Kadis Pertanian Wan Rusli Syarief serta berbagai unsur lainnya.

Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani SH M.Tr (Han) menjelaskan bahwa, program ketahanan pangan ini merupakan program yang diinisiasi oleh Korem 031 Wirabima melalui komandan korem.

"Untuk tahap pertama ini kita akan melaksanakan program ketahanan pangan penanaman serentak 1.000 hektar untuk jenis-jenis tanaman yang beraneka ragam yang tersebar dari seluruh wilayah Riau," ujarnya.

Lanjut Dandim 0321/Rohil, untuk tanaman jagung ada seluas 5 hektar dan semangka seluas 5 hektar.

"Kemudian untuk tahap ke dua nanti kita akan membuka lahan baru diperkirakan sebanyak 150 hektar dan kita melanjutkan ketahan pangan yang sudah jalan selama ini yang sudah dibina oleh kodim sebanyak 400 hektar sehingga total tahap kedua berjumlah 550 hektar," katanya.

Kodim 0321/Rohil sendiri telah memiliki sebanyak 16 kelompok tani. Dimana untuk kegiatan ini akan dilaksanakan pembinaan oleh Babinsa dan PKL.

"Di daerah Pekaitan sudah berjalan dari 2 tahun yang lalu berupa ketahanan pangan padi dan kita merencanakan di daerah Bagan Batu dan jika dinyatakan layak kita akan kembangkan di daerah tersebut,"bebernya.

Tambahnya Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani SH M.Tr (Han) mengatakan bahwa, Kodim 0321 Rohil bersama pemerintah daerah, TNI, Polri dan masyarakat petani siap mendukung kesuksesan ketahanan pangan yang diluncurkan Korem 031 Wirabima tersebut.

Sementara itu, wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH memberikan apresiasi terhadap program ketahanan pangan yang telah diluncurkan secara serentak se Provinsi Riau tersebut.

"Ini juga sesuai dengan target Presiden RI Joko Widodo bagaimana ketahanan pangan di seluruh wilayah Indonesia bisa berjalan dengan lancer. Apalagi dalam situasi pandemi Covid-19," tuturnya. (andi/***)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER