Kanal

Pertama Hadiri Ritual Bakar Tongkang, Bupati Rohil Afrizal Sintong: Sangat Luar Biasa

ROKAN HILIR,riaupower.com - Saat ini budaya ritual bakar tongkang dilaksanakan oleh warga tionghoa Rokan Hilir, Ahad(19/06/2022). Selanjutnya nanti juga dilaksanakan agenda kegiatan MTQ se-Riau di kota Bagansiapiapi. Hal ini merupakan suatu upaya pemerintah mempromosikan daerah, budaya serta hasil produksi UMKM Rokan Hilir sehingga dapat meningkatkan ekonomi warga. Dengan banyaknya warga hadir dari lapisan masyarakat luar Rokan Hilir ke Rokan Hilir tentunya akan membeli hasil produksi UMKM sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Demikian hal ini dikatakan oleh bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong,SiP kepada jurnalis, Ahad(19/06/2022).

Budaya ritual bakar tongkang pada tahun ini dilaksanakan oleh warga tionghoa kota Bagansiapiapi dengan mengarak beramai ramai menggotong replika tongkang mini dari kelenteng jalan Siakap Bagansiapiapi menuju ke tempat pembakaran di jalan perniagaan Bagansiapiapi. Tidak seperti biasanya, pada tahun tahun sebelumnya replika tongkang selalu di semayamkan di kelenteng tertua, Kim Hok Ing di jalan Kelenteng Bagansiapiapi kemudian replika tongkang tersebut diarak beramai ramai ke tempat pembakaran.

Hadir saat itu ketua DPRD Rohil Maston beserta isteri, kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto,SIK,MH beserta isteri,Kajari Rohil Yuliarni Appy,SH,MH beserta suami, Dandim 0321Rohil Letkol inf M,Erfani SH, M.Tr (Han) beserta isteri,Danyon Brimob beserta isteri, tokoh masyarakat tionghoa, Yayasan Multy Marga Tionghoa Indonesia Bagansiapiapi dan LPTQ Inhu.

”Kami bersama pemerintah daerah mengapresiasi rirtual bakar tongkang ini telah menjadi ivent nasional sehingga dengan acara ini dapat menumbuh kembangkan perekonomian para UMKM daerah Rokan Hilir,”katanya bupati Rohil.

Karena masyarakat yang hadir disini bukan hanya dari masyarakat dari daerah Rokan Hilir saja namun daerah luar Rokan Hilir juga mengikuti acara ritual bakar tongkang di daerah Rokan Hilir khususnya di kota Bagansiapiapi ini.

”Sebelumnya dilaksanakan acara malam hiburan yang selanjutnya hari ini dilaksanakan ritual bakar tongkang ini”tutur bupati.

Bupati berharap kepada masyarakat Rokan Hilir agar saling menjaga hubungan, keamanan dan ketertiban serta aturan protokol kesehatan. Dia juga berharap saling menjaga diantara antar suku.

”Sama sama saling menjaga kehidupan dan hubungan antar suku apa saja yang berada di kabupaten Rokan Hilir ini. Mari kita sama sama memelihara budaya yang ada di Rokan Hilir ini. Mari sama sama saling mengisi, saling memberitahu dimana kekurangan pembangunan di kabupaten Rokan Hilir ini,”ujarnya.

Kata dia, bakar tongkang ini merupakan ritual warga masyarakat tionghoa di Rokan Hilir ini. Pada kesempatan ini dia juga mengajak masyarakat suku lainnya yang berada di Rokan Hilir turut juga mengembangkan budaya lainnya baik itu suku melayu, suku batak, suku jawa maupun suku lainnya yang berada di Rokan Hilir.

Orang nomor satu di Rokan Hilir ini menjelaskan bahwa pemerintah daerah Rokan Hilir melalui dinas pariwisata akan ikut mempromosikan budaya tersebut supaya dengan demikian dapat meningkatkan perekomoniam masyarakat Rokan Hilir.

”ini sangat luar biasa, sejak pandemi dan sebagai bupati, ini pertama sekali ikut hadir dalam melaksanakan ritual bakar tongkang yang merupakan iven nasional kebanggaan masyarakat Rokan Hilir”tuturnya.(andi)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER