Kanal

Malam Taaruf, Malam Ajang Silaturahmi Bertatap Muka

ROKAN HILIR,  riaupower.com – malam  ta’aruf  dan  pelantikan majelis hakim/ dewan   hakim  dilaksanakan di depan  rumah dinas  gedung  batu  hampar jalan perwira bagansiapiapi,  sabtu (23/07/2022). Hadir saat itu Gubri Drs H.Syamsuar,Msi ,  Drs Said Akil Husein Al Munawar,Lc,MA (mantan menag RI),  pimpinan/ketua dan anggota  DPRD Riau,  forkopimda  Riau,  kepala daerah dan wakil  kepala  daerah kabupaten/kota  se Provinsi Riau,  ketua  DPRD Rohil  dan anggota,  forkopimda Rohil, pejabat  tinggi pratama  dan pejabat administrator dilingkungan pemdakab  Rohil,  kepala kemenag  Riau, ketua LPTQ, MUI, LDI se   Riau, para dewan hakim yang bijaksana, para pimpinan parpol, ormas, pimpinan organisasi profesi, tokoh masyarakat, tokoh adat, tuan guru tarikat dan para khalifah.

Beberapa bait pantun disuguhkan oleh Bupati  Rokan Hilir,  Afrizal  Sintong,SIP ketika dalam mengawali sambutannya.

Dalam  sambutannya dia mengatakan bahwa pada malam ini merupakan ajang silaturahmi bertatap muka dengan peserta  MTQ ke-  40 se priovinsi Riau yakni para dewan hakim, para  alim ulama, para penghafal Al Quran, kaum muslimin dan muslimat di kota Bagansiapiapi.  

Pada kesempatan baik  ini kepala  daerah  Rokan Hilir ini mengucapkan selamat  datang kepada para qori  dan qoriah, para hafidzh dan hafidzhah, para mufazir  dan mufaziah terbaik dari masing masing  kabupaten kota se  provinsi  Riau.

”Selamat  datang para dewan hakim pada  malam hari  ini,”ucapnya Afrizal  Sintong.

Dikatakannya, sebagaimana dimaklumi  bersama bahwa keberadaan  malam taaruf merupakan sarana perkenalan peserta MTQ yang sarat  dengan makna kebersamaan.

“Momentum ini selain sebagai  bentuk penghormatan  kepada para khafilah, juga sebagai  ajang mempererat ukhuwah islamiah dan juga  simbol persatuan dan kebersamaan hidup  damai yang terwujud erat rukun dan harmonis serta intens toleransi. Semoga momentum yang berharga ini membawa kedamaian bagi kita semua serta mendorong menjadinya pembaharuan  sikap mental moralitas dan pelaku masyarakat untuk secara sadar tetap berpegang teguh pada tuntunan dan  nilai nilai ajaran agama. Kepada para peserta kali  ini, saya atas nama pemerintah kabupaten Rokan Hilir menyampaikan permohonan maaf  yang sebesar besarnya jikalau  dalam rangka penyambutan maupun penyediaan tempat hingga masalah tekhnis lainnya yang tidak sesuai dengan  harapan kita bersama,”katanya.

Orang nomor satu di Rohil ini juga mengucapkan terima  kasih atas  di percayainya kabupaten Rokan Hilir sebagai  pelaksanan MTQ se- provinsi Riau yang ke 40.

“Terima kasih kepada gubernur Riau yang sudah mempercayai kabupaten Rokan Hilir sebagai tuan rumah dalam rangka menyelenggarakan musabaqoh tilawatil quran ke - 40 tingkat provinsi Riau ini,”tuturnya.

Kepada para dewan hakim yang telah dilantik, bupatiRohil ini mengatakan bahwa  tugas sebagai dewan hakil dan majelis hakim ini merupakan satu kepercayaan  dan kehormatan yang diberikan karena tugas yang akan dilaksanakan menyangkut keputusan hukum yang harus dipertanggung jawabkan , baik kepada Alllah SWT maupun kepada umat manusia.

Selain itu, keputusan hakim juga suatu tantangan ujian dan cobaan. Oleh sebab itu, keputusan sikap independen sebagai dewan hakim sangat dibutuhkan agar menjaga amanah dan  tanggung jawab yang di emban.

“Para dewan hakim yang berbahagia harus berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan harus memiliki keikhlasan dan berani bertanggung jawab untuk menjamin kerahasiaan dan keadilan dalam memberikan penilaian pada pelaksanaan musabaqoh tilawatik quran ke- 40  tingkat provinsi Riau ini,”katanya.

Dewan hakim harus benar benar memberikan penilaian dan memutuskan para pemenang dalam setiap cabang musabaqoh secara objektif dan benar. Penilaian terbaik diberikan kepada para peserta yang memiliki kemampuan, kelayakan, ketangkasan untuk menjadi pemenang  karena kelak para pemenang tersebut akan dipersiapkan sebagai duta yang tentunya mewakili provinsi Riau untuk mengikuti perhelatan musabaqoh tilawatil quran tingkat nasional yang ke-29 tahun 2022 yang diselenggarakan di provinsi Kalimantan Selatan pada bulan Oktober 2022 mendatang.

“Selamat bertugas kepada dewan hakim yang baru dilantik semoga dalam menjalankan tugas amanah yang diemban senantiasa diberkati oleh allah swt dan diberikan kesehatan dalam menjalankan tugasnya,”ucap bupati Rohil ini.

Lanjut bupati Rohil, dalam kesempatan ini, tentunya selaku tuan rumah menyampaikan permohonan maaf karena hotel semuanya penuh dimana hotel yang tidak pernah  ditempati juga penuh.

“Bahkan rumah makan juga sudah ada kabupaten kota yang booking. Ini sangat luar biasa karena selama ini menunda MTQ diakibatkan covid 19. Tentunya dua tahun telah tertunda. Kami merasa bangga sudah menjadi tuan rumah MTQ yang ke- 40,”jelas Afrizal Sintong.(andi)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER