Kanal

Ritual Budaya Bakar Tongkang Sampah Meningkat

BAGANSIAPIAPI, riaupower.com - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir mengerahkan sebanyak 600 petugas kebersihan untuk menjaga agar kota Bagansiapiapi tetap bersih selama ritual budaya bakar tongkang berlangsung.

"Untuk kegiatan bakar tongkang, dari DLH sesi kebersihan dan keindahan mengerahkan 600 orang. Baik bagian kebersihan penyapu jalan hingga bagian pengangkutan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Suwandi SSos, Ahad (02/07/2023).

Mereka tersebut dikerahkan  dibeberapa titik keramaian selama Iven itu berlangsung.

"Mereka kita letakkan di titik-titik keramaian seperti di klenteng dan sepanjang jalan yang dilintasi replika tongkang dan area bakar tongkang.  Seluruh wilayah kecamatan Bangko tetap kita kerahkan,"tuturnya.

Pengerahan petugas kebersihan dan pengangkutan sampah dimulai sejak tanggal 02 Juli hingga 05 Juli mendatang.

"Sistem kerja kita buat selama 24 jam. Itu ada petugas diatur sesuai dengan waktu pelaksanaan kegiatan. Mulai pukul 07.00- 11.00 WIB, jam 13.00-17.00 WIB dan jam  10 malam hingga jam 1 subuh,"paparnya.

Suwandi menyebutkan, volume sampah akan meningkat dua kali lipat pada beberapa kegiatan besar ini.

"Pekerjaan rutin jika  tidak ada momen, kami bisa mengelola 130 ton sampah perhari, tapi kalau seperti kegiatan bakar tongkang akan meningkat 2 kali lipat di bandingkan hari biasa,"pungkasnya. (***)
 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER