Kanal

DPRD Panggil Beberapa Organisasi Perangkat Daerah Rokan Hilir

BAGANSIAPIAPI, riaupower.com - DPRD Rokan Hilir mengundang beberapa OPD untuk menyampaikan hasil harmonisasi ranperda di kemenkumham terkait empat ranperda inisiatif DPRD, Senin (07/08/2023). Beberapa OPD yang hadir diantaranya dinas kesehatan, dinas sosial, dinas pendidikan, dinas pariwisata, Bappeda,  peranan wanita dan  Satpol PP.

"Hari ini kita mengundang beberapa OPD menyampaikan hasil harmonisasi empat ranperda inisiatif dari DPRD yakni ranperda tentang KLA (kabupaten layak anak), ranperda KTR (kawasan tanpa rokok), ranperda tentang produk daerah dan ranperda tentang CSR (corporate social responsibility)atau tanggung jawab sosial lingkungan,"tutur wakil ketua DPRD Rohil Basirun Nur Efendi kepada jurnalis, Senin (07/08/2023).

Dikatakannya, terkait ranperda tentang CSR atau tanggung jawab sosial lingkungan jika ada payung hukumnya maka akan di bentuk forum sehingga perusahaan tidak semau maunya memberikan CSR. Karena tentunya harus ada koordinasi dengan pemerintah daerah atau forum itu sendiri.

"Ini gunanya supaya lebih terarah,"sebutnya.

Kata dia, pada 3 Agustus 2023 kemaren rancangan ini diharmonisasikan di kemenkumham makanya pada hari ini DPRD Rokan Hilir mengundang OPD yang terkait tentunya menjadi leiding sektornya dalam pelaksanaan apabila perda ini sudah terbentuk.

"Sehingga mereka telah mengetahui sejak awal supaya tidak ada mis komunikasi nanti,"ujar Basirun Nur Efendi.

Setelah ranperda ini diparipurnakan, lanjutnya menegaskan maka kawan kawan OPD diharapkan berperan aktif menyampaikan terkait dengan ranperda sesuai dengan OPD masing masing.

"Kita tinggal menunggu naskah akademiknya setelah itu baru disodorkan untuk diparipurnakan"ujarnya Basirun nur Efendi.

Dikatakannya hadir pada saat ini, dinas kesehatan, dinas sosial, dinas pendidikan, dinas pariwisata, Bappeda,  peranan wanita dan Satpol PP.

"Satpol PP ini unsur sangat penting dalam penegakan perda itu. Saya belum tahu  satpol PP kurang berperan karena tidak dilibatkan atau tidak mau terlibat,"tegasnya.

Karena harus menyadari daerah Rohil ini semakin lama hasil migas semakin berkurang. Oleh sebab itu  harus pandai mencari pendapatan lain diluar non migas.

"Kalau kita tidak pandai mencarinya untuk meningkatkan pendapatan maka  bisa kolap nanti kabupaten kita,"ujarnya

Dikatakannya, masyarakat dengan jumlah 600 sekian lebih di Rokan Hilir maka Bapenda sebagai sektor utama untuk meningkatkan PAD harus betul betul bekerja keras meningkatkan pendapatan daerah  yang tentunya dibantu oleh OPD terkait lainnya.

"Tahun ini dimasa sidang ketiga harus kleir empat ranparda ini,"pungkasnya. (andi)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER