Kanal

DPRD Harap Pemda Rokan Hilir Manfaatkan Waktu Tersisa Guna Realisasi APBD Perubahan 2023

BAGANSIAPIAPI, riaupower.com -  DPRD Rokan Hilir mengharap kepada pemerintah daerah melalui OPD terkait  untuk bisa memanfaatkan waktu yang tersisa guna merealisasikan penggunaan APBD Perubahan 2023 Se-efektif mungkin sehingga penyerapan anggaran dapat maksimal. Hal ini ditegaskan oleh wakil ketua DPRD Rohil Abdullah saat memimpin paripurna sebelum bupati menyampaikan pendapat akhir bupati atas pengesahan ranperda tentang perubahan APBD kabupaten Rokan Hilir tahun anggaran 2023 di gedung wakil rakyat jalan lintas pesisir Sei Rokan komplek perkantoran batu enam Bagansiapiapi, Jumat (29/09/2023). Hadir saat itu pimpinan dan anggota DPRD Rohil, sekwan Sarman Syahroni, ST, sekdakab Rohil, asten pemkab, Staf ahli, kepala SKPD dilingkungan kabupaten Rokan Hilir.

Dalam sambutannya bupati Afrizal Sintong menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Rohil atas pelaksanaan sidang paripurna ini sebagai dinamika selama proses pembahasan dibarengi dengan semangat serta menjunjung tinggi nilai nilai kebersamaan.

"Sehingga penetapan perubahan APBD Rokan Hilir tahun anggaran 2023 dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang kita harapkan,"kata bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong.

Dia sangat mengapresiasi sekali kepedulian dan dukungan yang telah diberikan oleh anggota dewan yang terhormat selama pembahasan terutama mempertajam target target dan program yang telah direncanakan. Selanjutnya ucapan terima kasih dan apresiasi juga dia sampaikan kepada seluruh perangkat daerah terutama TAPD yang telah bekerja ekstra siang dan malam serta ikut melakukan pembahasan dengan rekan rekan legislatif.

"Mudah mudahan apa yang sudah kita rencanakan hendaknya dapat tercapai dengan baik tepat sasaran dan akuntabel demi tercapainya visi misi mewujudkan kabupaten Rokan Hilir yang maju, religius dan berbudaya berbasis infrastruktur dan perekonomian yang handal,"ucap Afrizal Sintong.

Dikatakan Bupati Rokan Hilir bahwa secara umum perubahan APBD kabupaten Rokan Hilir tahun anggaran 2023 disampaikannya sebagai berikut:

1.pendapatan daerah, dimana pendapatan daerah mengalami perubahan dari sebelumnya sebesar Rp2.148.166.099.483,_ menjadi Rp Rp2.440.304.791.610,_ atau bertambah sebesar Rp292.138.692.127,_.

2.belanja daerah, belanja daerah juga mengalami perubahan dari sebelumnya sebesar Rp2.214 150.000.000,_ menjadi Rp2.444.911.934.581,_ atau mengalami peningkatan sebesar Rp 230.761.934.581,_

3.pembiayaan daerah, dimana pembiayaan daerah yang juga mengalami perubahan yang bersumber dari sisa lebih perhitungan tahun anggaran sebelumnya dari awal sebesar Rp65.983.900.517,_ menjadi Rp4.607.142.971,_ sesuai dengan laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK RI untuk pengeluaran biaya tidak mengalami perubahan yaitu sebesar Rp0,_. Untuk sisa lebih pembiayaan anggaran daerah tahun berkenaan tidak mengalami perubahan sebesar Rp0,_.

Lanjut bupati, Rincian perubahan APBD Rohil tahun anggaran 2023 ini telah disusun dengan aplikasi terintegrasi sistim informasi pemerintahan daerah yang mensyaratkan langkah langkah berkelanjutan dan berpedoman pada peraturan perundang-undangan. Berdasarkan hal tersebut perubahan nota keuangan dan rancangan peraturan daerah perubahan APBD Rohil tahun 2023 disusun berdasarkan keadaan real dan kebutuhan yang sangat prioritas dengan memperhatikan adanya kebijakan pemerintah yang bersifat strategis dan prioritas. Penyesuaian terhadap tingkat inflasi ekskalasi harga yang ditetapkan berdasarkan kebijakan pemerintah serta kegiatan yang direncanakan dengan perhitungan sisa waktu pelaksanaan.

Tambah orang nomor satu di pemerintahan kabupaten Rokan Hilir ini mengatakan dengan telah ditetapkannya perubahan APBD Rohil tahun anggaran 2023 pada hari ini, dia mengintruksikan kepada seluruh kepala perangkat daerah dan unit kerja dilingkungan pemerintah kabupaten Rokan Hilir selaku pengguna anggaran untuk segera mempersiapkan seluruh administrasi prosedur dan langkah langkah percepatan pelaksanaan program dan kegiatan. Karena apa yang telah dianggarkan menjadi kewajiban yang melekat pada masing masing urusan yang akan dipertanggung jawabkan oleh perangkat daerah, baik proses manfaat maupun dampaknya bagi Rokan Hilir secara umum. Untuk itu bupati juga mengajak pimpinan dan anggota DPRD beserta seluruh komponen masyarakat kabupaten Rokan Hilir untuk bersama sama mendukung pelaksanaan pembangunan yang mereka laksanakan ini.

"Kita kawal dan kita evaluasi demi tercapainya tujuan serta dampak baik bagi daerah ini,"tuturnya.

"Sekali lagi kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota dewan yang terhormat yang telah memberikan perhatian secara sungguh sungguh . Mudah mudahan kerja keras yang kita lakukan akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat di negeri ini,"pungkasnya bupati Rohil Afrizal Sintong mengakhirinya. (andi)
 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER