Kanal

Bawaslu Ajak Media Bekoba, Sosialisasi Peran Serta Media Dalam Pengawasan Partisipatif Pada Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024

BAGANSIAPIAPI, riaupower.com - Memasuki tahapan tahapan pemilu serentak, Bawaslu kabupaten Rokan Hilir mengajak awak media  berkolaborasi dengan melaksanakan sosialisasi pemilu partisipatif peran media masa dalam pengawasan partisipatif pada penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024 di wilayah kabupaten Rokan Hilir dengan tema 'Bekoba' (bersinergi dan kolaborasi). Sosialisasi ini digelar di aula Kesuma hotel jalan Riau Bagansiapiapi, Jumat (06/10/2023). Hadir saat ini sejumlah .awak media online, media cetak dan media elektronik bertugas di kabupaten Rokan Hilir. Tampak hadir pada sosialisasi ini selain ketua  Bawaslu Rokan Hilir, Zubaidah, anggota Bawaslu diantaranya Nasrudin (Koordinator divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi) dan Nurmaidani (Koordinator divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa) kabupaten Rohil juga hadir sebagai narasumber yakni ketua Bawaslu provinsi Riau Alnofrizal,SE menyampaikan materi sinergi Bawaslu dan pers pada pemilu tahun 2024 dan ketua komisi informasi daerah provinsi Riau H.Zufra Irwan,SE,MM yang menyampaikan materi implementasi UU nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Pda akhir acara disediakan waktu untuk diskusi dan tanya jawab pengawasan partisipatif. Kegiatan ini dibuka oleh ketua Bawaslu Rohil Zubaidah.

Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal,SE menjelaskan bahwa dirinya merupakan mantan jurnalis sehingga sebelumnya mengalami  hal yang sama sebagai awak media. Sejak bulan September dirinya sudah menjadi bagian di Bawaslu provinsi Riau.

"Sekarang saya sudah di lembaga. Ada juga di lembaga yang belum maksimal oleh sebab itu ini tugas dan PR saya agar maksimal,"katanya.

Sementara itu ketua Bawaslu kabupaten Rokan Hilir dalam sambutannya  menjelaskan bahwa dirinya saat ini sebagai ketua Bawaslu Rohil dan hari ini merupakan kali pertama bertemu dengan sejumlah awak media sejak mereka dilantik.

Lanjutnya mengatakan bahwa anggota Bawaslu lainnya diantaranya Jaka Abdillah (Koordinator divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat) dan Dedi Sahputra Sibuea (Koordinator divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat) sedang mengikuti rapat koordinasi(rakor).

"Dedi Sahputra Sibuea dan Jaka Abdillah sedang rakor,"katanya.

Dalam kesempatan ini dia mengatakan perlunya sinergi dengan pers. Oleh sebab itu dirinya ingin menyampaikan agar penyampaian berita dari Bawaslu terutama terhadap produk hukum agar lebih jelas dan tepat. Sehingga kemungkinan ada permintaan revisi.

Dalam kesempatan ini dia berharap peran media massa dalam pengawasan partisipatif pada penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024 dengan tema Bekoba (bersinergi dan kolaborasi) dapat meningkatkan peran untuk suksesnya pelaksanaan pemilu tahun 2024.

"Ini kesempatan baik bagi kita untuk diskusi terhadap hal hal yang perlu kita bicarakan,"katanya. (andi)
 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER