Kanal

Kamis Ini KPU Rohil Lantik 90 Orang PPK, Saat Ini Tahapan Rekrut PPS

BAGANSIAPIAPI, riaupower.com - Tahapan pilkada 2024 ini sesuai dengan PKPU no 2 tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024, 

terdiri dari beberapa tahapan diantaranya tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan. Demikian diutarakan oleh ketua KPU Eka Murlan kepada jurnalis ketika ditemui di kantor KPU jalan kecamatan Bagansiapiapi, Selasa (14/05/2024).

"Tahapan persiapan sudah dilaksanakan internal oleh KPU kemaren dari mulai produk hukum, penganggaran dan hal hal lain yang berkaitan dengan persiapan, termasuk juga bimtek bimtek,"katanya.

Lanjutnya menjelaskan kemudian ada juga tahapan pelaksanaan yaitu terdiri dari beberapa diantaranya perekrutan badan ad hoc. Kemudian yang sedang berlangsung saat ini perekrutan PPK dimulai tahapan wawancara dari tanggal 11 hingga 13 Mei 2024.

"Hari ini tahapan pengumuman. Jadi kalau tidak ada halangan PPK pada tanggal 16 Mei 2024 besok sudah kita Lantik. Se kabupaten Rokan Hilir. jumlahnya 90 orang, dimana 5 orang setiap kecamatan,"tutur Eka Murlan.

Saat ini juga, lanjutnya menjelaskan sedang merilis perekrutan badan ad hoc PPS dimana proses verifikasi administrasi pada hari ini sudah selesai. Dan sudah diumumkan pada hari ini.

"Karena tahapannya pada tanggal 13 dan 14 Mei,"jelasnya.

Kemudian pada tanggal 15 hingga 18 Mei dilanjutkan ujian tertulis yang terjadi di empat titik zona diantaranya zona 1 di kecamatan Bangko yakni di SMA 1 dan SMA 2, kemudian titik dua atau zona 2 di kecamatan Bangko Pusako yaitu di SMA 2, titik ketiga atau zona 3 di kecamatan tanah putih di kampus ITR Ujung Tanjung dan titik keempat atau zona 4 di kecamatan Bagansinembah di SMA 1. 

"Pada tanggal 21 hingga 23 Mei tes wawancara untuk PPS. Kemudian tanggal 26 Mei Pelantikan PPS,"pungkas Eka Murlan. (andi. Gr)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER