Dinas Lingkungan Hidup Rohil Kerahkan Alat Berat dan Petugas Untuk Penataan dan Kebersihan Areal Batu Enam

Jumat, 02 Juli 2021

ROKAN HILIR,riaupower.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir melakukan kegiatan penataan, pembersihan dan pembenahan fasilitas Pemda Rokan Hilir yang dipusatkan di areal komplek perkantoran Pemda Rokan Hilir di areal batu enam. Namun penataan dan pembersihan lingkungan juga akan dilakukan diberbagai lokasi, seperti pembersihan parit-parit dan sungai-sungai yang ada dilingkungan penduduk. Hal ini dalam rangka mewujudkan program kerja 100 hari bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong dan wakil bupati Rokan Hilir H.Sulaiman periode 2021 – 2026  untuk mewujudkan kabupaten Rokan Hilir yang bersih, indah dan asri. 

Kadis LH Rohil,Suwandi,S.Sos saat ditemui awak media di batu enam, Kamis (1/07/2021), Dia mengatakan bahwa pihaknya sudah mengerahkan alat berat dan petugas kebersihan untuk membersihkan fasilitas pemda terutama yang ada di komplek perkantoran batu enam.

"Kami dari Dinas Lingkungan Hidup sesuai dengan instruksi bupati sekaligus dalam mendukung program kerja beliau (Bupati dan Wabup,red) 100 hari ke depan dalam pengelolaan lingkungan melaksanakan kegiatan penataan dan pembersihan fasilitas Pemda yang sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu,"kata Suwandi.

Tambahnya, menjelaskan sebenarnya beberapa minggu yang lalu sudah melakukan penataan, pembersihan dan juga pembenahan-pembenahan di fasilitas pemda baik itu perumahan maupun jalan. 

"Alhamdulillah sejak hari Senin kemarin sampai dengan hari ini kami melakukan penataan dijalan Adhitya komplek kejaksaan negeri Bagansiapiapi. Hari ini sama-sama kita lihat kita sudah kerahkan alat berat untuk menormalisasi parit-parit.  Setelah itu kita melakukan penanaman pohon peneduh, pelindung termasuk  pohon-pohon yang berbunga baik itu dipinggir jalan maupun di median jalan,"ucapnya.

Untuk pengelolaan dan pembersihan  lingkungan ini sebut Kadis LH Rohil ini, pihaknya akan menempatkan sejumlah personil petugas agar kebersihan dan keindahan areal komplek perkantoran selalu terjaga dengan baik.

"Kami akan tempatkan petugas baik itu petugas taman dan petugas penyapu jalan sehingga areal yang ada di komplek perkantoran ini dapat terjaga kebersihan dan keindahannya,"ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Suwandi, dia mengatakan pembersihan lingkungan yang dilakukan pihaknya tidak hanya di areal perkantoran Pemda saja namun dilakukan juga di areal lingkungan penduduk.

"Untuk kedepannya kita tetap memperhatikan parit, drainase seputaran batu enam kemudian yang ada di kota dan di wilayah lainnya yang ada di kabupaten Rokan Hilir ini. Kami melakukan normalisasi terutama di daerah-daerah yang menjadi langganan banjir saat musim hujan tiba. Ini dapat di atasi memenimalkannya kita kurangi debit airnya. Jadi ini juga program pak Bupati," ujarnya.

Kemudian itu, lebih lanjut disampaikan Suwandi bahwa pihaknya juga sudah koordinasi dengan pihak kecamatan Pekaitan terkait dengan kondisi jalan lintas dari jembatan Pedamaran I menuju jembatan Pedamaran II yang kondisinya sudah semak dan banyak ditumbuhi rumput dan tumbuhan pohon-pohon liar.

 " Untuk pembersihan jalan lintas jembatan Pedamaran itu sudah kami programkan dan sudah diagendakan pembersihannya juga penempatan petugas kita di sana,"jelasnya.(andi/***)