Mahasiswa UMRI KKN Di Suak Temenggung Usai, Program Rumah Singgah Belajar dan Berkarya Dilanjutkan Oleh Pemuda Desa

Rabu, 06 Oktober 2021

ROKAN HILIR,riaupower.com – Mahasiswa Universitas Muhammdiyah Riau kelompok 5 luar telah usai melaksanakan KKN di Desa Suak Temenggung, Kecamatan Pekaitan. Namun program mahasiswa ini berupa rumah singgah belajar dan berkarya lentera ceria akan terus dilanjutkan dengan cara membangun kerjasama dengan para pemuda dan pemudi Desa Suak Temenggung. Demikian hal ini dijelaskan oleh Emi Siti Handayani selaku sekretaris KKN UMRI kelompok 5 luar kota, Rabu (06/10/2021).

“Tidak terasa sudah 1 bulan berlalu kami KKN di Desa Suak Temenggung. Banyak ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan selama kegiatan KKN berlangsung, khususnya di bidang pendidikan,”tuturnya.

Dia menjelaskan kelompok mereka membuka Rumah Singgah Belajar Dan Berkarya Lentera Ceria yang bertempat di gedung serbaguna Desa Suak Temenggung.

“Siapaun boleh datang ke rumah singgah baik yang mau belajar maupun membantu kegiatan mengajar. Alhamdulliah, selama proses belajar mengajar ada beberapa pemuda-pemudi daerah setempat yang turut membantu,”ujarnya.

Lanjutnya menjelaskan, dari data yang didapatkan di lapangan, setiap harinya anak-anak yang berminat belajar ke rumah singgah terus bertambah. Saat ini telah memiliki 65 peserta didik dengan jadwal belajar Senin- Kamis mulai dari jam 14:00 s/d 16:00 wib. Namun untuk kedepannya akan ada perubahan jadwal belajar yaitu hari Sabtu dan Minggu jam 14:00 s/d 16:00 wib.

“Karena menyesuaikan dengan jadwal kosong para pemuda-pemudi setempat yang bersedia melanjutkan program kami,” ungkap Emi Siti Handayani selaku sekertaris dari KKN UMRI kelompok 5 luar kota ini.

Sementara itu, Karnoto, ketua KKN kelompok 5 luar kota UMRI ini menjelaskan bahwa pada intinya program rumah singgah belajar dan berkaya lentera ceria yang telah dibuka oleh mereka sangat diterima dengan baik oleh masyarakat Desa Suak Temenggung. Bahkan dari beberapa wali murid sangat berharap agar Rumah Singgah Belajar Dan Berkarya Lentera Ceria ini terus dilanjutkan walau KKN telah selesai. Sebab kalau belajar di rumah anak-anak cenderung malas dan tidak semangat.

“Bekerja sama dengan pemuda-pemudi setempat adalah pilihan yang tepat supaya kami bisa mewujudkan kenginanan masyarakat Desa Suak Temenggung. Besar harapan kami semoga program rumah singgah belajar dan berkarya lentera ceria ini terus berjalan sebagai mestinya, sehingga jalinan silaturahmi KKN Universitas Muhammadiyah kelompok 5 luar kota tidak terputus sampai disini. Kami juga mengucapkan terimaksih kepada para pemuda-pemudi Desa Suak Temenggung yang sudah berbesar hati melanjutkan program KKN kelompok kami,” tambah Karnoto selaku ketua KKN kelompok 5 luar kota. (rls/nzr)