Babinsa Bersihkan Lumpur di Jalan Area Perkantoran Batu Enam Bagansiapiapi

Senin, 08 November 2021

ROKAN HILIR,riaupower.com – Kodim 0321 Rohil kerahkan para Babinsa membantu pembersihan lumpur akibat pasang air laut di sepanjang jalan komplek perkantoran batu 6 kepenghuluan Bagan Punak Meranti kecamatan Bangko. Terjadinya air laut pasang tinggi hingga terjadi juga pada sungai Rokan. Akibatnya membuat masalah tersendiri bagi warga masyarakat wilayah disepanjang bantaran pesisir sungai tersebut.

Air sungai Rokan tersebut mengalir hingga ke jalan, halaman rumah, bahkan ke rumah-rumah warga. Air sungai beserta lumpur tersebut meninggalkan endapan lumpur hingga ke jalan sehingga bisa membahayakan bagi pengguna jalan.

Untuk mengatasi persoalan adanya endapan lumpur dari air pasang yang sampai di rumah warga serta di jalanan tersebut, Kodim 0321 Rohil mengerahkan para Babinsa guna membantu pembersihan lumpur akibat pasang air laut di sepanjang jalan komplek perkantoran batu 6 kepenghuluan Bagan Punak Meranti kecamatan Bangko, Senin (8/11/2021).

“Lumpur ini merupakan akibat air pasang yang masuk sampai kejalan-jalan dan tentunya sangat mengganggu bagi pengguna jalan yang akan melintas ataupun akan masuk kantor Pemda Rohil.” kata Dandim 0321 Rohil Letkol arh Agung Rakhman Wahyudi melalui Wadanramil 01 Bangko Kapten Inf Tayung kepada jurnalis melalui whatsApps.

Lanjutnya mengatakan bahwa pembersihan lumpur tersebut dilakukan para babinsa bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

” Kondisi ini telah terjadi dalam beberapa hari ini, terutama pada saat pasang besar seperti saat ini dan kondisi air laut di wilayah ini membawa air laut yang keruh karena membawa endapan lumpur, pada saat kondisi air laut surut maka akan meninggalkan endapan lumpur yang tebal, ” ucapnya.

Dia menjelaskan apabila kondisi air laut masih pasang besar, lanjutnya mengatakan, maka kemungkinan akan terjadi lagi endapan lumpur di jalan tersebut.

“Semoga pemerintah daerah cepat mencari solusi agar air laut tidak sampai memasuki rumah warga dan jalan-jalan yang ada disepanjang pinggiran sungai Rokan ini, ” pungkasnya. (andi/***)