Kamis Bersih, Warga Jalan SMA 2 Bagansiapiapi dan Dinas Lingkungan Hidup Rohil Laksanakan Gotong Royong

Jumat, 19 November 2021

ROKAN HILIR , riaupower.com– Pencanangan gerakan kamis bersih Pemerintah daerah Rokan Hilir (Rohil) diikuti juga oleh warga RT 026 Jalan SMA N 2, Kelurahan Bagan Hulu, kecamatan Bangko. Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengapresiasi semangat gotong royong warga tersebut yang ikut memikirkan bagaimana agar banjir dapat di minimalisir. Bahkan petugas Dinas Lingkungan Hidup Rokan Hilir ikut bersama sama warga RT 026 Bagan Hulu untuk memperbaiki saluran air dan menanam pohon pelindung, Kamis (18/11/2021). Tampak hadir saat itu Kadis Lingkungan Hidup Suwandi,S.Sos, Plt.Kadis Kominfotiks H.Hermanto Uban, Babinsa Bagan Hulu Romizon, ketua RT 026 Ardianto bersama puluhan warga turut memperbaiki saluran air dan penanaman pohon pelindung itu.

Kadis LH Rohil Suwandi,S.Sos keyika ditemui jurnalis, disela-sela melaksanakan gerakan kamis bersih dan penanaman pohon itu mengatakan bahwa pihaknya menilai semangat warga jalan SMA2sangat luar biasa.

"Hari ini kami bersama warga jalan SMA Negeri 2 Bagan Hulu, melakukan kegiatan gotong royong dalam rangka gerakan kamis bersih yang dicanangkan oleh Pak Bupati dan Wakil Bupati beberapa bulan lalu. Alhamdulillah kami lihat antusias warga cukup luar biasa. Kami bersama warga dengan tim Satgas, melakukan pembersihan drainase yang ada di jalan SMA Negeri 2, termasuk juga sungai garam yang mulai menyempit akibat dipenuhi oleh tumbuhan-tumbuhan liar. Kemudian paritnya juga sudah mulai dangkal akibat endapan lumpur yang tinggal oleh air pasang," kata Suwandi.

Kadis Lingkungan Hidup Rohil ini berharap semangat gotong royong yang dilaksanakan warga bisa berkesinambungan hendaknya pada setiap minggu. Semangat ini juga bisa di contoh dan ditiru oleh warga RT-RT lainnya yang ada di kecamatan Bangko, supaya dapat bersama-sama setiap hari Kamis untuk membersihkan lingkungan RTnya masing-masing,"ucapnya.

Dinas Lingkungan Hidup sebagai leading sector kamis bersih, sebut Suwandi, pihaknya siap membantu, dan mendukung serta mensupport setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh RT dan RW. Apapun bentuknya, Kata Ia, kalau memang warga butuh tanaman-tanaman maka DLH siapkan tanamannya.

“Ada pohon pelindung, pohon peneduh,”katanya kemudian.

“Untuk planning kedepan kita akan coba turunkan alat berat untuk membersihkan parit, dan setelah kita bersihkan, itu nanti bisa ditanami pohon-pohon, dan juga bunga-bunga," jelas Suwandi.

Dalam kesempatan ini, ditempat yang sama, Plt Kadis Kominfotiks,H.Hermanto Uban menyampaikan ucapan apresiasi dan terima kasih bupati dan wakil bupati Rokan Hilir kepada warga Jalan SMA 2 Bagan Hulu yang sudah membantu pemerintah daerah dalam mengatasi masalah banjir di daerah.

"Tentunya atas nama pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dibawah kepemimpinan bapak Afrizal Sintong dan H.Sulaiman sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh warga Jalan SMA 2 RT 026 Kelurahan Bagan Hulu, Kecamatan Bangko yang telah mendukung program Kamis bersih," tutur Plt.Kadis Kominfotiks, Hermanto Uban.

Hermanto mengatakan bahkan ada warga yang menunda melaut saking antusias warga dalam melaksanakan gerakan kamis bersih tersebut. ini tentunya, sebut Dia, pemerintah sangat menghargai gerakan kamis bersih yang dilakukan masyarakat Jalan SMA 2 ini.

"Mudah-mudahan apa yang menjadi gerakan warta RT 026 ini menjadi contoh bagi RT, RW dan bagi desa, kelurahan yang ada di Rokan Hilir," ujarnya.

Kadis Kominfotiks menjelaskan bahwa program Kamis bersih adalah program dari kita untuk kita, dimana kita melaksanakan gotong royong. Tidak ada kepentingan-kepentingan pribadi tetapi merupakan kepentingan bersama. Lingkungan jadi bersih, genangan air dapat diminimalisir.

“Sehingga setiap tahun banjir melanda daerah terutama di kota Bagansiapiapi dapat diminimalisir. Seperti apa yang disampaikan oleh bapak bupati bahwa gerakan kamis bersih salah satu program prioritas sehingga pada tahun 2023 nanti banjir diharapkan tidak ada lagi di kota Bagansiapiapi," jelasya.

Sementara itu, ketua RT.026 Bagan Hulu Ardianto mengucapkan terima kasih kepada pihak Pemda Rokan Hilir, terutama dinas lingkungan hidup yang telah membantu membersihkan drainase dan memberikan sejumlah pohon pelindung yang sudah ditanam dilingkungan RT 026.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pemda Rohil yang telah mendukung kegiatan gotong royong yang kami laksanakan,"ujarnya. (andi/***)