Bupati Rokan Hilir Serahkan 978 SK Tenaga PPPK Tahap I dan II Formasi 2021

Senin, 27 Juni 2022

ROKAN HILIR, riaupower.com - Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong,SIP menyerahkan sedikitnya 978 SK (surat keputusan) pengangkatan tenaga PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) guru tahap I dan tahap II yang lulus pada formasi 2021 dilingkungan pemerintah kabupaten Rokan Hilir (pemkab Rohil). SK tersebut diserahkan    oleh Bupati kabupaten Rokan Hilir, Afrizal Sintong,SIP secara simbolis di aula perguruan Wahidin jalan Pahlawan Bagansiapiapi, Senin (27/06/2022). Tampak hadir ketua DPRD Rohil Maston, Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto,SIK,MH yang diwakili oleh Plh Kapolsek Bangko AKP Evi Hermanto, Kajari Rohil Yuliarni Appy,SH,MH, Wadanramil 01 Bangko Kapten Arh Simson Regar
yang mewakili Dandim 0321/Rohil, PLT sekdakab Rohil Drs Ferry H Parya,Msi, sekretaris BKPSDM Rohil Cici Sulastri, Kakan Kemenag Rohil H Naini, sejumlah pimpinan tinggi pratama OPD Rohil dan 978 PPPK guru penerima SK.

Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong menjelaskan bahwa penyerahan SK dilaksanakan setelah para peserta PPPK guru telah melalui proses dan dinyatakan lulus. Dia menegaskan bahwa SK para tenaga PPPK ini diserahkan namun mengenai gaji mereka akan di anggarkan pada APBD perubahan. 

"Karena gaji mereka belum masuk pada anggaran APBD Rohil 2022 oleh sebab itu Insya Allah dianggarkan bersama DPRD Rohil pada APBD Perubahan nanti,"jelasnya.

Lanjutnya menegaskan sedangkan tunjangan mereka sebagai tenaga honorer sudah dianggarkan pada APBD Rohil 2022. Oleh sebab itu kemungkinan anggaran APBD akan berkurang karena akan dianggarkan gaji tenaga PPPK. Sedangkan tunjangan mereka akan disesuaikan dengan kemampuan APBD Rohil.

"Sedangkan penempatan tenaga mereka akan diatur agar terjadi pemerataan tenaga guru pendidik Misalnya di sekolah mana yang tidak ada guru bahasa Inggris maka guru bahasa Inggris PPPK ini akan ditempatkan di sekolah tersebut,"jelasnya.

Sementara itu, sekretaris BKPSDM Rohil Cici Sulastri menjelaskan bahwa tenaga PPPK formasi 2021 tahap I dan Tahap II ini merupakan data dari dinas pendidikan dan kebudayaan Rohil. Dia menjelaskan bahwa ada juga tenaga PPPK yang mengundurkan diri ditandai oleh surat dari keluarga yang  menyatakan bahwa peserta telah meninggal dunia.

Kemudian itu, kadisdikbud Rohil HM Nur Hidayat,SH,MH menjelaskan bahwa formasi untuk Kabupaten Rohil sesuai dengan Kptsn KeMenPan RB nomor 827 tahun 2021,Kabupaten Rohil mendapat formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja(PPPK ) Guru sejumlah 2086.

"Dari Kptsn MenPan RB tersebut Kabupaten Rohil mendapat formasi terbanyak untuk PPPK Guru,"jelasnya kemudian.

Seperti diberitakan sebelumnya Pelaksanaan Seleksi PPPK Guru di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hilir telah dilaksanakan mulai  dari tanggal 13 sampai dengan 16 September 2021 lalu dengan CAT-ANBK (Computer Assisted Test) atau ujian berbasis komputer. Pelaksanaan PPPK Guru tahun 2021 ini dilaksanakan di 3 Lokasi Ujian, yakni : SMAN 1 Bangko, SMAN 2 Bangko, dan SMAN 1 Bagan Sinembah. 

Dari 2.086 formasi, jumlah pelamar yang ujian pada Tahap 1 sebanyak 1.721 orang. Pada hari pertama sebanyak 450 orang peserta ujian, hari kedua sebanyak 450 orang peserta ujian, hari ketiga sebanyak 450 orang peserta ujian, hari keempat 371 orang peserta ujian. Sehingga total peserta tes sebanyak 1.721 orang. 

Seleksi PPPK Guru terdiri dari 3 jenis tes, yakni Manajerial dan Sosiokultural, Wawancara, dan Kompetensi Teknis. Dengan ambang batas Manajerial dan Sosiokultural sebesar 130, Wawancara sebesar 24.

Kompetensi Teknis mengacu pada KepmenPAN-RB Nomor 1127 Tahun 2021 tentang Nilai Ambang batas Seleksi Kompetensi Pengadaan PPPK Untuk Jabatan Fungsional Guru.

Pelaksanaan Seleksi PPPK Guru tahun 2021 berjalan dengan lancar. Kegiatan ini terselenggara berkat adanya Koordinasi yang baik antar elemen pemerintahan mulai dari pihak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Kesehatan, KemenPAN-RB, BKN, Dinas Pendidikan Provinsi Riau, LPMP Prov. Riau, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hilir, BKPSDM Kabupaten Rohil, Dinas Kesehatan Kabupaten Rohil, Satgas COVID-19, serta seluruh pihak lain yang terlibat.

Peserta yang lulus seleksi pada Tahap I dan tahap II telah diumumkan. 

Total jumlah PPPK formasi 2021 sebanyak 978 orang guru berdasarkan jabatan yakni, ahli pertama guru bahasa Indonesia 39 orang, guru bahasa Inggris 34 orang, guru bimbingan konseling 14 orang, guru IPA 33 orang, guru IPS 32 orang, guru kelas 617 orang, guru matematika 56 orang, guru PPKN 22 orang, guru prakarya dan kewirausahaan 37 orang, guru seni budaya 8 orang, guru TIK 8 orang serta guru Penjasorkes 78 orang. 

Saat ini, di perguruan Wahidin dilaksanakan penyerahan 978 SK PPPK guru tersebut yang diserahkan secara simbolis oleh bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong,SIP.(andi)