Cabut Undi Barisan Pawai Taaruf dan Lokasi Stand Bazar

Sabtu, 02 Juli 2022

ROKAN HILIR, riaupower.com - Rapat persiapan pelaksanaan MTQ ke-XL tingkat provinsi Riau tahun 2022 dilaksanakan di gedung Misran Rais Jalan gedung nasional Bagansiapiapi, Jumat (01/07/2022). Pada rapat persiapan tersebut sekaligus dilaksanakan pencabutan undian lokasi stand bazar dan pawai taaruf. Hadir mewakili gubernur Riau yakni asisten I Sekdaprov Riau, Masrul Kasmy, mewakili Bupati Rohil plt Sekdakab Rohil Drs Ferry H Parya,Msi dari kantor Kemenag Riau, LPTQ Riau dan perwakilan kabupaten kota se provinsi Riau.

Asisten I sekdaprov Riau, Masrul Kasmy menjelaskan bahwa pencabutan undian telah dilaksanakan dimana telah dicabut oleh masing masing perwakilan kabupaten kota. Tetapi khusus provinsi Riau untuk lokasi stand Bazar tidak mencabut undian karena diminta pada stand nomor satu.

"Sedangkan untuk pawai ta'aruf tuan rumah (kabupaten Rohil,red) diminta untuk nomor terakhir karena mereka merupakan peserta terbanyak sehingga ini perlu konsolidasi dan seluruh peserta sudah memahaminya,"tutur Masrul Kasmy.

Dijelaskannya bahwa penarikan atau pencabutan undian pawai taaruf dan lokasi stand Bazaar berjalan dengan lancar.

"Persiapan yang paling penting tentang kafilah termasuk keabsahan peserta yang nanti diputuskan pada tanggal 22 Juli 2022 oleh panitia untuk kabupaten kota,"jelasnya.

Dalam kesempatan ini dia mengharapkan kepada pemerintah daerah agar banyak promosi terhadap pelaksanaan MTQ ke-XL tingkat provinsi Riau di kabupaten Rokan Hilir yang dipusatkan di kota Bagansiapiapi dengan pamflet, spanduk dan baliho.

"Ini tentunya bukan hanya dari pemerintah daerah saja namun juga dari segenap masyarakat, kedai kopi, toko,rumah makan dan perusahaan serta masyarakat yang ingin menyampaikan selamat terhadap kegiatan MTQ ini. Tentunya  dari Kominfo daerah begitu juga kami dari provinsi dengan media-media yang ada seperti TVRI dan RRI. Namun tidak kalah penting juga melalui media sosial kepada masyarakat. Karena ini penyebarannya lebih cepat, hal ini agar semua orang tahu bahwa pada tanggal 24 Juli 2022 MTQ tingkat provinsi Riau dilaksanakan di kota Bagansiapiapi. Ini kesempatan untuk promosi daerah, promosi 
makanan daerah (kuliner,red), promosi souvenir daerah sehingga dapat kembali memulihkan perekonomian. Karena kita sudah dua tahun tidak menyelenggarakan MTQ tingkat provinsi Riau. Ini kesempatan untuk promosi daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat,"ucapnya.

Sementara itu, sekdakab Rohil Ferry H Parya,Msi membenarkan telah berlangsung pencabutan undian pawai ta'aruf dan lokasi stand Bazaar pada rapat persiapan MTQ ke XL tingkat provinsi Riau yang dihadiri oleh perwakilan kabupaten kota.

"Tadi dihadiri oleh kabupaten kota minus kabupaten Meranti. Kita berharap setelah ini kabupaten kota sudah melakukan persiapan untuk pembangunan stand Bazaar, persiapan pawai ta'aruf dan persiapan lainnya,"tuturnya.

Dijelaskannya tadi gubernur Riau melalui asisten mengharapkan pemerintah daerah menggemakan promosi kepada masyarakat sehingga gema MTQ ini bisa dimanfaatkan dalam segi positif.

"Sehingga masyarakat nanti sama sama menghadiri lomba MTQ pada setiap cabang lomba. Insya Allah MTQ akan kita buka pada tanggal 24 dan berakhir 29 Juli 2022,"ucapnya.

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ ke XL tingkat provinsi Riau ini, tambahnya mengatakan pemerintah daerah Rokan Hilir fokus pada sukses penyelenggaraan dan fokus pada sukses prestasi.

"Kita ingin pada MTQ ke XL tingkat Provinsi Riau di kabupaten Rokan Hilir ini para Qori dan Qoriah kita dapat meraih yang terbaik. Mudah mudahan atas Ridho Allah SWT kita bisa menjadi yang terbaik sebagai juara umum di kampung halaman kita ini. Saat ini telah dilakukan persiapan persiapan. Untuk itu dimana Qori dan Qoriah kita terus di gambleng untuk terus berlatih dan belajar sehingga kemampuannya meningkat, sehingga bisa menjadi yang terbaik pada ajang MTQ tingkat provinsi Riau pada tahun ini,"pungkasnya. (andi)