Wagubri Tutup MTQ ke-XL se Provinsi Riau, Rokan Hilir Raih Juara Umum

Sabtu, 30 Juli 2022

ROKAN HILIR, riaupower.com –Kabupaten Rokan Hilir(Rohil) juara umum pada perhelatan MTQ tingkat provinsi Riau yang ke-XL(40)  yang  diselenggarakan di Bagansiapiapi, ibukota Kabupaten Rokan Hilir(Rohil). Ini terungkap setelah diumumkan saat malam penutupan MTQ tersebut  di Taman Budaya Bagansiapiapi, Jalan Purna MTQ komplek perkantoran batu  enam, Jumat  malam (29/07/2022).  Penutupan ini secara resmi dilakukan oleh wagubri,  Brigjend TNI (purn) H.Edy  Natar Nasution. Kontingen Kabupaten  Rokan Hilir(Rohil) berhak untuk menerima  trophy juara umum  setelah para khalifah kontingen Rohil  tersebut memperoleh juara 1  sebanyak  12 cabang lomba,  juara 2 sebanyak 20  cabang lomba dan juara 3  sebanyak 5 cabang lomba dengan total  nilai di peroleh  95. Sementara sebagai juara 2 umum  di peroleh oleh kontingen Pekanbaru dengan memperoleh juara  1  sebanyak  5 cabang, juara 2 sebanyak 10 cabang  dan juara 3 sebanyak 3  cabang dengan perolehan total nilai  58. Sedangkan kontingen kabupaten Bengkalis memperoleh  juara 3  umum setelah memperoleh juara 1 sebanyak  7 cabang, juara 2 sebanyak 4 cabang dan  juara 3 sebanyak  7 cabang dengan  perolehan nilai total 54.

Kemudian  kabupaten Kampar sebagai  juara  harapan 1 dengan total nilai  34. Sedangakan kabupaten Siak menempati juara harapan 2 dengan total nilai 32  disusul kabupaten pelalawan sebagai juara harapan 3  dengan total  nilai 28.  Selanjutnya disusul kabupaten kepulauan Meranti dan kabupaten Rokan Hulu dengan total nilai 36,  kabupaten Kuansing dengan total nilai 17, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir total nilai 13  dan kota Dumai dengan total nilai sebanyak 12.

Bupati Kabupaten Rokan  Hilir, Afrizal Sintong,SIP mengucapkan selamat dan sukses kepada para khalifah yang memperoleh juara pada perhelatan MTQ provinsi Riau yang ke-XL  di Kabupaten Rokan Hilir.

“Selamat dan sukses semoga prestasi ini dapat bermanfaat dan berguna serta bisa dipertahankan di masa mendatang,”tuturnya Afrizal Sintong,SIP.

Bagi kafilah yang belum mengukuhkan prestasinya di MTQ ini agar turut berlatih dan memacu diri untuk meraih prestasi dikesempatan yang akan datang.  

Dalam kesempatan ini bupati kabupaten Rokan Hilir ini mengingatkan kepada seluruh khafilah yang telah memperoleh prestasi maupun yang belum meraih prestasi bahwa semangat musabaqoh untuk  meraih penghargaan tidak selayaknya sampai menggeserkan niat kita untuk upaya meningkatkan  syiar Al Qur’an dan membudayakan dalam kehidupan umat islam.

”Kami selaku tuan rumah selalu upaya secara maksimal demi mensukseskan penyelenggaraan musabaqoh tilawatil quran tingkat provinsi Riau ini. Namun kami sadari  masih banyak kekurangan kekurangan oleh karenanya kami sebagai daerah dan masyarakat kabupaten Rokan Hilir menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya kepada para tamu undangan kafilah musabaqoh tilawatil quran kabupaten kota se provinsi Riau.Selanjutnya kami mengucapkan selamat jalan kepada para kafilah kabupaten kota se provinsi Riau yang akan kembali ke kampung halaman masing masing. Semoga selamat sampai ke tujuan mudah mudahan selama berada di kabupaten Rokan Hilir mendapatkan kesan baik yang membekas di hati,”pungkasnya Afrizal Sintong,SIP.

Sementara itu, wagubri mengucapkan terima kasih kepada bupati dan wakil bupati kabupaten Rokan Hilir sebagai tuan rumah penyelenggara MTQ provinsi Riau yang ke-40.

”Kita tahu hasil penilaian dewan hakim secara umum dimenangkan oleh Rokan Hilir, tuan rumah. Kita berharap apa yang sudah diraih ini sebagai motivasi bagi daerah lain supaya terpanggil meraih yang sama dimasa mendatang. Kalau kita lihat ada beberapa daerah yang  mungkin masih dibawah tetapi itu tentu menjadi harapan kita semua ini pemerataan semua anak anak kita di provinsi Riau ini. Ini merupakan ajang mencari bibit jadi kesempatan inilah sebenarnya harusnya semua kepala daerah mengirimkan kontingen secara mencapai maksimal sehingga bisa meraih pada iven yang lebih tinggi. Harapan kita itu,”jelasnya wagubri. (andi)