PATRI Riau, Paguyuban Perkabes Ciayu Majakuning dan Paguyuban Ngapak Taja Senandung Sholawat Barzanji

Senin, 22 Agustus 2022

KAMPAR, riaupower.com - Paguyuban Perkumpulan Keluarga Besar Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Perkabes Ciayumajakuning) Kabupaten Kampar, DPD Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI)  Provinsi Riau dan Paguyuban Ngapak Kabupaten Kampar menaja kegiatan Senandung Sholawat Barzanji dengan membacakan Kitab Maulid Al Barzanji secara bersama, Senin (22/08/2022). Kegiatan ini Untuk melestarikan tradisi pesantren di tengah masyarakat serta mempererat ukhwah Islamiyah dan silaturrahmi kekeluargaan. Kegiatan ini rencananya secara rutin dilakukan pada minggu kedua setiap bulan di tempat yang berbeda.

Kegiatan ini sempena jadwal wirid bulanan Perkabes Ciayumajakuning Kabupaten Kampar yang dilaksanakan di rumah kediaman H. Wahidin, tokoh masyarakat Desa Kenantan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Sebelumnya, wirid Bulanan inj di gelar di Desa Sumber Makmur Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

Ketua Paguyuban DPD Perkabes Ciayumajakuning Kabupaten Kampar, Syukron, S.Pd.I, M.Pd yang juga sebagai Sekretaris Umum DPD PATRI Provinsi Riau menyatakan bersyukur atas terlaksananya kegiatan ini. Dia juga berterima kasih atas kehadiran Ketua Umum DPD PATRI Provinsi Riau, Dr. H. Kusnadi, M.Pd dan Ketua Paguyuban Ngapak Kabupaten Kampar, Asyrofi, S.Pd.I. mereka tersebut memenuhi undangan untuk melantunkan sholawat barzanji secara bersama-sama dengan diiringi musik Hadroh binaan ustadz Asyrofi.

 "Tradisi senandung sholawat barzanji ini sudah langka pada zaman sekarang, karena kebanyakan orang lebih suka bersenandung  karaoke ria. Namun  Alhamdulillah, tradisi Islami ini sukses kita melaksanakannya". Kata Syukron.

Sementara itu Ketua Umum DPD PATRI Provinsi Riau, Dr. H. Kusnadi, M.Pd yang sehari-hari sebagai Dekan Fakultas Psikologi UIN Suska Riau merasa senang telah menghadiri acara ini. Dia menyepakati kegiatan senandung sholawat barzanji ini perlu dihidupkan kembali, terutama pada lingkungan masyarakat eks transmigran.

 Dia menjelaskan bahwa berpuluh-puluh tahun yang lalu, sebelum mengikuti program Transmigrasi ke Provinsi Riau, tradisi membaca sholawat Al Barzanji atau  maulid Al Barzanji ini familiar di masjid maupun di musholla. 

"Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan  masyarakat eks Transmigrasi menjadi lebih rukun, damai, bersatu dan religius,"ucapnya.

informasi yang didapat, pada bulan September 2022, rencana kegiatan ini   dilaksanakan di Desa Utama Karya Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. (rls/andi)