Sanimar Afrizal Diangkat Sebagai Bunda Literasi dan Bunda Baca Rokan Hilir

Rabu, 14 September 2022

ROKAN HILIR, riaupower.com - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menggalakkan gemar membaca bagi masyarakatnya. Untuk itu, Saminar,Spd yang juga Ny Bupati Rokan Hilir diangkat sebagai bunda literasi/bunda baca. Pengangkatan dan pengukuhan bunda literasi/bunda baca ini sebagai langkah untuk menumbuhkembangkan minat baca para generasi di kabupaten Rokan Hilir baik bagi kaum milenial maupun masyarakat di Rokan Hilir sehingga dapat meningkat.

Dinas perpustakaan dan kearsipan pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menggelar pengangkatan dan pengukuhan Sanimar,Spd sebagai bunda literasi / bunda baca kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang dilaksanakan di gedung serbaguna Misran Rais Jalan Gedung Nasional Bagansiapiapi, Rabu (14/09/2022).Hadir saat ini kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Riau Dra Mimi Yuliani, Sekda Rohil Drs H Feri H Parya,Msi, Dan Unit Kodim 0321 Rohil Letda Inf SM Sitompul, para Kepala OPD, Camat se Rohil serta berbagai unsur lainnya.

"Kita menganjurkan kepada seluruh OPD yang berhubungan dengan masyarakat untuk menyiapkan perpustakaan diruang tunggu sehingga masyarakat berniat untuk membaca sambil menunggu antrian urusan dengan dinas,"ujarnya bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong,SIP kepada jurnalis ketika ditemui di Bagansiapiapi,Rabu (14/09/2022).

Bahkan juga di RSUD dr Pratomo dan rumah sakit atau klinik di wilayah Rokan Hilir agar menyediakan buku buku bacaan ketika menunggu untuk periksa kesehatan.

"Kita juga anjurkan agar di RSUD khususnya di ruang rawat inap agar disediakan buku buku bacaan sehingga pasien maupun pengunjung menjadi berminat untuk membaca,"ujarnya.

Dia mengatakan juga agar kantor kecamatan, kantor kepenghuluan. Begitu juga di tingkat sekolah dimulai dari PAUD, SD, SMP hingga SMA akan disiapkan buku buku bacaan. Bahkan di ruang ruang publik juga di sediakan buku bacaan seperti di gedung serbaguna.

"Supaya masyarakat Rokan Hilir gemar membaca,"pungkasnya. (andi)