Bakesbangpol Rohil Taja Raker Kesiapan Lurah dan Penghulu Hadapi Pemilu dan Pilkada Serentak

Senin, 19 September 2022

ROKAN HILIR, riaupower.com - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melaksanakan rapat kerja kesiapan lurah/Datuk/Datin penghulu se kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dalam rangka menghadapi pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 tahap pertama. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kesbangpol Rohil yang di pusatkan di aula lantai V hotel Lion Jalan Mawar Bagansiapiapi, Senin (19/09/2022). Acara ini dihadiri dan dibuka oleh bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong,SIP dan dihadiri juga oleh KPU Rohil, Bawaslu Rohil Syahyuri, Kadis Pendusikan dan catatan Sipil Rohil, kepala badan Kesbangpol Rohil Fadli,SH,Msi dan para penghulu serta lurah.

"Mungkin dua tahapan acaranya. Tahap pertama ini sembilan kecamatan dahulu karena dalam hal ini yang diundang lurah dan penghulu maka Nara sumbernya nanti langsung bupati, KPU dan Kadis kependudukan,"ujar Fadli,SH, kadis kesbangpol Rohil kepada jurnalis ketika ditemui, Senin (19/09/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan, tambah kadis pemerintahan desa ini terkait mereka ke lapangan dan hasil survey dilapangan karena KPU mengharapkan pemerintah daerah untuk membantu.

"Secara prinsipnya pemerintah daerah membantu KPU dimana Kesbangpol ada tugas dan fungsinya dengan pendidikan politik makanya kita kelapangan,"ujarnya.

Dilapangan ditemukan jarak tempuh berapa jauh, penduduk di perbatasan bahkan ada yang memiliki KTP Rokan Hilir namun domisili atau tinggalnya di seberang atau luar wilayah Rokan Hilir.

"Sekarang ini kita dudukkan bagaimana langkah kita dengan disduk. Rapat kerja ini dapat masukan, tambahan tambahan, program kedepan dapat kita siapkan sebagai antisipasi sejak sekarang,"katanya.

Langkahnya bagaimana mendirikan TPS yang layak dan patut untuk didirikan makanya Datuk/Datin penghulu inilah yang menentukan lokasi lokasinya yang bertanggung jawab untuk memberikan masukan masukan ke Kesbangpol.

"Harapannya Datuk/Datin penghulu terkoneksi dengan KPU dan Bawaslu. Berapa orang yang telah meninggal. Kita berupaya menimalisir masalah adanya temuan tuan terdahulu,"katanya. (andi)