Pengajian Rutin di Kejati Riau, Ustadz DR Zulkarnaen Umar, Msi: Waktu Tertentu Bulan Dzulhijah Jalankan Amalan Istimewa

Senin, 05 Juni 2023

PEKANBARU, riaupower.com - Senin tanggal 05 Juni 2023 sekira pukul 08.00 WIB s/d selesai bertempat di Masjid Al-Mizan Kejaksaan Tinggi Riau, telah dilaksanakan Pengajian Rutin yang disampaikan oleh Ustad Dr. Zulkarnain Umar M. Si yang diikuti oleh seluruh pegawai Kejaksaan Tinggi Riau yang beragama Islam. Hal ini disampaikan oleh kasipenkum Kejati Riau Bambang Heripurwanto,SH,MH kepada jurnalis melalui siaran pers, Senin (05/06/2023).

Dalam penyampaiannya Ustad Dr. Zulkarnain Umar M. Si menyampaikan dalam Bulan Dzulhijjah terdapat waktu-waktu tertentu untuk menjalankan amalan istimewa. Waktu yang dimaksud tertera dalam Surah Al Fajr ayat 2 yang berbunyi, “Dan demi malam-malam yang sepuluh”. Menurut Imam Ibnu Katsir, seorang ahli tafsir mengutarakan bahwa ayat kedua Surah Al Fajr tentang ‘malam-malam yang sepuluh’, memiliki arti sebagai sepuluh hari pertama dari Bulan Dzulhijjah. Hal ini juga dikatakan oleh Ibnu Abbas, Ibnu Zubair, Mujahid, dan lainnya dari kalangan salaf maupun khalaf.

Selanjutnya Ustad Dr. Zulkarnain Umar M. Si menyampaikan ada beberapa amalan istimewa keutamaan Bulan Dzulhijjah, agar tidak terlewat ketika waktunya tiba. Insya Allah akan menjadi tabungan pahala dan jalan untuk mendekatkan pada Surga. Berikut ini amalan istimewa Bulan Dzulhijjah yaitu :

1. Bulan yang Dimuliakan
Bulan Dzulhijah adalah salah satu waktu yang dimuliakan dalam Islam. 

2. Istimewa di 10 Hari Pertama
akan bertemu dengan bukan zulhijah yaitu akhir tahun, maka akhir tahun bulan zulhijah ada yang allah wajib kan yaitu jalan" naik haji
siapkan berangkat haji, ini adalah amalan spesial bulan zulhijah, bagi siapa yg sanggup melakukan nya.

3. Dianjurkan Menunaikan Puasa Sunah
mulai masuk 1 zulhijah sampe dengan 9 zulhijah mulai melakukan puasa. sangat disunahkan untuk berpuasa di hari-hari ini karena termasuk amalan yang paling utama.
Salah satu amalan dan keutamaan bulan Dzulhijah contohnya yakni berpuasa Arafah yang jatuh pada tanggal 9 Dzulhijah.
Selain itu, ada pula puasa Tarwiyah yaitu puasa pada tanggal 8 Dzuhijjah.

4. Berangkat Ibadah Haji
bertemu dengan bukan zulhijah yaitu akhir tahun, maka akhir tahun bulan zulhijah ada yang allah wajib kan yaitu jalan" naik haji
siapkan berangkat haji, ini adalah amalan spesial bulan zulhijah, bagi siapa yg sanggup melakukan nya

5. Berkurban dan Salat Idul Adha
menyiapkan hewan kurban bagi yang bisa dan sanggup untuk berkurban, bagi umat yang sanggup untuk melakukan kurban tetapi tidak menjalankan berdosa baginya.

6. Menjauhkan Zina dan Perbuatan Keji
Merayakan bulan suci Dzulhijah akan menjauhkan manusia dari perbuatan zina dan keji.Maksiat adalah penyebab terjauhkan dan terusirnya umat manusia dari Allah SWT. Sementara itu, ketaatan merupakan salah satu jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

7. Zikir dan Bertasbih
zikir/takbir, banyak banyak lah berzikir, ada dzikir mutlak sejak tanggal 1 sampe tanggal 9 dan dzikir. Berdzikir yang lebih diutamakan di hari-hari yang sepuluh ini adalah memperbanyak takbir, tahlil dan tahmid.

8. Sedekah
Di antara yang menunjukkan keutamaan bersedekah adalah cita-cita seorang yang sudah melihat ajalnya di depan mata, bahwa jika ajalnya ditangguhkan sebentar saja, maka kesempatan itu akan digunakan untuk bersedekah.

Dengan dilaksanakan pengajian ini diharapkan pegawai Kejaksaan Tinggi Riau dapat selalu mengamalkan dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kegiatan Pengajian Rutin Kejaksaan Tinggi Riau oleh Ustad Dr. Zulkarnain Umar M. Si bertempat di Masjid Al-Mizan Kejaksaan Tinggi Riau mengikuti secara ketat protokol kesehatan (prokes). (Andi)