Kalapas Kelas II A Ikut Penandatanganan Komitmen Bersama Transformasi Pemutakhiran Data SIMPEG di Kanwil Kemenkumham Riau

Rabu, 14 Juni 2023

PEKANBARU, riaupower.com - Penandatanganan Komitmen Bersama Transformasi Pemutakhiran Data SIMPEG dilaksanakan di Ruang Serbaguna Ismail Saleh di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Selasa (13/06/2023). Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd Jahari Sitepu memimpin langsung kegiatan ini diikuti oleh seluruh Kepala Divisi, Pejabat Struktural, Kepala Unit Pelaksana Teknis se-Riau beserta pejabat pengelola kepegawaian. Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bagansiapiapi Wachid Wibowo  mengikuti penandatanganan Komitmen Bersama Transformasi Pemutakhiran Data SIMPEG ini.

Penandatanganan secara digital komitmen bersama Transformasi Pemutakhiran Data Simpeg ini diawali oleh para Kepala Divisi dengan Kepala Kanwil Kemenkumham Riau. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama antara Kepala UPT se-Riau dengan Kakanwil.  

Simpeg merupakan sistem informasi yang dirancang sebagai solusi untuk menangani berbagai hal dalam pengurusan kepegawaian mulai dari penyimpanan dan pemusatan data secara terkomputerisasi hingga menangani berbagai macam laporan yang berhubungan dengan kepegawaian sehingga memudahkan untuk meningkatkan pelayanan administrasi kepegawaian.

Dengan data yang konsisten diperbaharui secara berkala, bukan hanya pengelola kepegawaian yang terbantu, melainkan pegawai yang bersangkutan itu sendiri.

"Karena dengan data yang lengkap dan komprehensif, segala proses kenaikan pangkat, mutasi dan pensiun akan berjalan cepat dan tidak bertele-tele,” terang Kakanwil sebagaimana dikutib dari riaukarya.com, Rabu (14/06/2023)

Seluruh produk kepegawaian meliputi SK pangkat dan jabatan, penghargaan, cuti, sertifikat pengembangan kompetensi, data pribadi beserta keluarga dan lain-lain dengan total 56 label data pada dossier, maupun data kepegawaian lainnya seperti SKP dan jurnal harian wajib diupload atau di update pada aplikasi SIMPEG dan menjadi tanggungjawab masing-masing pegawai.

Kepada seluruh pimpinan pada setiap satuan kerja, kakanwil berpesan agar terus memantau proses update dan pemutakhiran data demi optimalisasi administrasi data kepegawaian. Dia ingin tingkatkan juga koordinasi dan sinergitas.

"Jika menemukan kesulitan segera laporkan pada atasan sesuai jenjang,"ucapnya. (***)