Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD Rohil, Sugianto: Saat Ini Verifikasi Penelitian Berkas

Senin, 10 Juli 2023

BAGANSIAPIAPI, riaupower - Kabid Pemerintahan desa Dinas PMD Rokan Hilir, Sugianto menjelaskan ada sekitar 23 kepenghuluan yang akan melaksanakan pemilihan penghulu serentak tahap pertama tahun 2023.

"Saat ini mulai memasuki tahap pencalonan,"tutur Sugianto Kabid Pemerintahan desa Dinas PMD Rohil ketika ditemui jurnalis, Senin (0/07/2023)

Dikatakannya pada pencalonan ada  dua tahapan yakni tanggal 2 Juni 2023 sd 6 Juli 2023 kemaren merupakan tahapan penjaringan kemudian tahapan kedua penyaringan.

"Pada tanggal 16 Juli 2023 nanti diumumkan bakal calon penghulu yang memenuhi syarat administrasi yang dituangkan kedalam berita acara hasil penjaringan, yang tahapan sebelumnya ada tahapan pengumuman pendaftaran, pembukaan pendaftaran, perpanjangan waktu jika kurang dari dua bakal calon, penelitian persyaratan kelengkapan adminstrasi, klarifikasi dan pengumuman nama calon sampailah nanti 16 Juli 2023 pengumuman penetapan bakal calon datuk penghulu yang memenuhi persyaratan administrasi yang dituangkan kedalam berita acara penjaringan "ucapnya.

Selanjutnya tahapan yang kedua yaitu penyaringan tanggal 17 Juli sampai tanggal 2 Agustus 2023. Pada tahapan ini ada tes baca Al Quran bagi beragama Islam dan tes memahami agamanya bagi non muslim. Kemudian tes tertulis dan wawancara.

"Setelah itu baru penetapan bakal calon menjadi calon datuk penghulu ringnya tanggal 17 Juli sampai 2 Agustus 2023 setelah diumumkan 
penetapan bakal calon datuk penghulu yang memenuhi persyaratan administrasi,"ujarnya Sugianto.

Dikatakannya verifikasi penelitian berkas sedang berlangsung dari tanggal 8 Juli sampai tanggal 15 Juli 2023 nanti. (andi)