Lakukan Pertemuan Bersama OPD dan Sekda, Wakil Ketua DPRD Hamzah: Kita Kejar Terus Karena Berkenaan Dengan Anggaran

Selasa, 29 Agustus 2023

Kiri sekwan Sarman Syahroni,ST dan kanan wakil ketua DPRD Rohil Hamzah

BAGANSIAPIAPI, riaupower com - DPRD Rokan Hilir (Rohil) terus mendesak pemerintah daerah agar realisasi  belanja daerah terealisasi dengan baik hingga akhir tahun anggaran. Karena kalau dana anggaran tidak terlaksana dengan baik maka dana tahun berikutnya (tahun 2024,red) akan menjadi masalah. Karena dianggap oleh pemerintah pusat pemerintah daerah kabupaten Rokan Hilir tidak mampu menggunakan dana anggaran. Oleh sebab itu DPRD Rohil melakukan rapat pertemuan bersama OPD pengguna anggaran dan sekretaris daerah Rokan Hilir membicarakan terkait daya serapan anggaran di gedung wakil rakyat untuk mendengar laporan realisasi anggaran (LRA) dari masing masing OPD. Pertemuan ini untuk memberikan feedback serta follow up DPRD Rohil agar serapan anggaran lebih baik lagi.

"Kalau penyampaian mereka (OPD pengguna anggaran,red) target akan tercapai. Oleh sebab itu kita kejar terus karena berkenaan dengan anggaran. Kalau dana anggaran tidak terlaksana dengan baik maka dana tahun berikutnya (tahun 2024,red) akan menjadi masalah. Karena dianggap pusat kita tidak mampu. Makanya kita kejar terus,"ujar Wakil ketua DPRD Rohil Hamzah kepada jurnalis yang disampingnya sekretaris dewan, Sarman Syahroni,ST ketika ditemui di gedung wakil rakyat jalan pesisir Sei Rokan komplek perkantoran batu enam Bagansiapiapi, Selasa (29/08/2023).

Hamzah wakil ketua DPRD Rohil dari partai Hanura mengatakan hasil pertemuan hari ini (Selasa, 29/08/2023,red) diperoleh kejelasan anggaran pendapatan daerah 45 persen dan belanja daerah kurang lebih 38 persen.

"Tentunya sudah bekerja dengan baik. Mudah mudahan ini segera mungkin bisa menyelesaikan pada masa sidang tahap ketiga bulan Oktober tahun ini. Jadi itu pedoman penting dari pertemuan hari ini, pendapatan daerah yang telah masuk ke kas daerah itu 45 persen dan realisasi anggarannya baru mencapai 38 persen,"tuturnya.

Oleh sebab itu anggota DPRD Rohil ini berharap kepada pemerintah daerah bagaimana bisa menyelesaikan kegiatan kegiatan sampai dengan maksimal pada bulan Oktober 2023. Terutama OPD yang realisasi anggarannya masih rendah.

"OPD PU realisasi anggarannya masih rendah,"pungkasnya. (andi)