M. NIZAR ; PT. Jatim Jaya Perkasa Bantu Normalisasi di Desa Pedamaran Kecamatan Pekaitan

Sabtu, 28 Oktober 2023

ROKAN HILIR, riaupower.com -- PT. Jatim Jaya Perkasa turunkan alat berat bantu atasi banjir di kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir.

"Alhamdulillah PT Jatim Jaya Perkasa sudah turunkan alat berat excavator longump untuk membersihkan navigasi di daerah N 17 Desa Pedamaran Kecamatan Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir Riau, Upaya mengatasi banjir di desa Pedamaran itu berkat hubungan baik dan hasil komunikasi Datuk penghulu Pedamaran Azhari dengan pihak petinggi PT. Jatim  Jaya  Perkasa sehingga permohonan untuk melakukan normalisasi dibeberapa titik sungai yang mengalami pendangkalan di wilayah Kepenghuluan Pedamaran kecamatan Pekaitan  segera di realisasikan,"ungkap M. Nizar, Sabtu (28/10/2023).

Nizar juga menyebutkan, banjir yang terjadi saat ini melanda dibeberapa wilayah Rokan Hilir karena curah hujan dengan intensitas tinggi di perparah banyak sungai alami mengalami pendangkalan, seperti di Kecamatan Pekaitan banyak desa mengalami banjir diantaranya desa Karya Mulyo Sari, Desa Teluk Bano II dan Pedamaran.

"Patut kita apresiasi pada para Penghulu nya yang memiliki jiwa cekatan dan tanggap terhadap lingkungannya terhadap kondisi banjir, seperti di Desa Karya Mulyo Sari warganya melakukan kegiatan gotong royong membersihkan parit- parit secara manual dan menggunakan alat berat eksavator dengan pola swadaya, "ujar Akas sapaan akrabnya.

Ditempat terpisah, tokoh masyarakat Pedamaran Cak Gunawan memberi masukan untuk mengatasi banjir di pedalaman diperlukan   normalisasi.

"Sebetulnya yang menyebabkan banjir di Pedamaran karena adanya terjadi pendangkalan pada  pertemuan muara sungai Rokan dan sungai N17,  SK 5 dan SK 9. Pendangkalan itu hendaknya dilakukan normalisasi pada masing-masing sungai  dengan panjang sekira 1 km. Tentu dengan telah dilakukan normalisasi  kami berkeyakinan desa Pedamaran tidak mengalami banjir lagi, " ujar Cak Gunawan.

Dapat juga untuk diketahui bahwa limbah air dari PT Jatim jaya perkasa mengalir ke wilayah desa Pedamaran dan sekitarnya.

" jika boleh berharap kepada pihak PT Jatim jaya perkasa untuk dapat membantu  menurunkan alat berat eksavator amphibi longump, sebab hanya dengan alat berat amphibi sungai tersebut dapat dinormalisasi dengan hasil maksimal dan insya'alloh masalah bnajir bisa tuntas" kata Suryo onces  warga Pedamaran lainnya.(***)