Penandatanganan Nota Kesepahaman KUA-PPAS Rohil 2021 Antara Pemkab dan DPRD Rohil

Selasa, 09 Maret 2021

ROKAN HILIR, riaupower.com– Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Rokan HIlir (Rohil) direncanakan akan disahkan oleh anggota DPRD Rohil pada pekan depan, Senin (15/03/2021). Demikian hal ini ditegaskan oleh bupati Kabupaten Rokan Hilir H.Suyatno seusai menghadiri rapat paripurna dalam rangka penandatangan nota kesepahaman bersama kebijakan umum anggaran (KUA) dan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) kabupaten Rokan Hilir tahun 2021 antara pemerintah daerah dan DPRD Rohil di ruang sidang paripurna gedung DPRD Rohil Jalan Pesisir Sungai Rokan komplek perkantoran batu enam Bagansiapiapi, Selasa (09/03/2021).

Orang nomor satu di Rohil ini menjelaskan bahwa keterlambatan pengesahan APBD Rohil ini disebabkan adanya kesibukan masing-masing.

“Tidak ada sebuah niat untuk memperlambat APBD kita. Tetapi kita masing-masing ada kesibukan. Tentunya membutuhkan waktu. Memang pada sore hari ini kita mengajukan KUA PPAS. Insya Allah tidak ada masalah lagi antara tim banggar DPRD dengan Pemerintah daerah. Semuanya sudah sepakat,"ujarnya.

Bupati Rokan Hilir ini mengatakan bahwa APBD Rohil akan diselesaikan bersama secara merathon.

“Insya Allah nanti, kalau tidak ada halangan apa-apa, Senin kita pengesahan APBD 2021, jam 10.00 wib pagi dan jam 13.00 wib kita langsung antar ke provinsi Riau untuk proses selanjutnya. Bukan ada niat macam-macam terhadap APBD kita. Bisa dibuka, bisa di bedah buku APBD 2021. Semua kecamatan masuk program kita. Tidak ada yang tertinggal. Semua kita lakukan pemerataan,”tuturnya.

Dijelaskannya, bagaimanapun APBD Rohil ini sangat dinantikan oleh masyarakat dan pemerintah daerah beserta DPRD Rohil.

Sedangkan tentang Devisit anggaran lanjut Suyatno mengatakan bahwa semua kabupaten/kota terjadi devisit karena terkait penanganan Covid 19. Kata ia, penanganan Covid 19 dan penanganan kebakaran hutan dan lahan menjadi skala prioritas pada APBD 2021.

"Terutama sekali penanganan Covid 19 anggaran kita terkuras disitu. Semuanya, di Indonesia seperti itu. Jadi mudah-mudahan hari Senin mendatang APBD kita sudah disahkan,"pungkas bupati Rohil ini mengakhirinya.(***)