Kanal

Kodim 0321/Rohil Kembangkan Sayur Hidroponik

Budidaya hidroponik sebagai salah satu upaya mengoptimalkan serbuan teritorial sekaligus menjadi motor penggerak terhadap salah satu program ketahanan pangan di tengah masyarakat.

BAGANSIAPIAPI,riaupower.com - Komando Distrik Militer (Kodim) 0321/Rokan Hilir (Rohil) senantiasa mengembangkan pola tanam hidroponik, sebagai upaya mendukung program ketahanan pangan yang ada di kabupaten Rokan Hilir. Bahkan Kodim 0432/Rohil ini juga mengembangkan budidaya Jamur, tanam cabe, ternak ayam dan ikan.

Kepada jurnalis indonesiasatu.co.id, Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP M I Pol melalui pjs. Kasdim 0321/Rohil mayor Arh. E. Perangin angin mengatakan tujuan pengembangan budidaya hidroponik sebagai salah satu upaya mengoptimalkan serbuan teritorial sekaligus menjadi motor penggerak terhadap salah satu program ketahanan pangan di tengah masyarakat.

Lanjutnya menjelaskan, jenis tanaman yang sedang dikembangkan umumnya jenis sayur-sayuran seperti sawi, Pakcoy, Bayam dan selada. Kondisi tanamanan saat ini pada umumnya sedang mencapai tahap pertumbuhan dari penaburan bibit sebelumnya.

“Budidaya hidroponik dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang tidak memiliki lahan luas untuk bercocok tanam, terutama bagi masyarakat perkotaan,”ujarnya Pjs. Kasdim kepada jurnalis indonesiasatu.c.id melalui jejaringan social perpesanan whatsAps, Jumat (10/09/2021).

Selain itu, kata Ia, dengan pola tanam hidroponik akan memberikan banyak keuntungan, di antaranya tanaman cepat tumbuh, mudah perawatan dan juga dapat menjadi pemandangan yang hijau di pekarangan.

“Teknik hidriponik ini bisa menjadi alternatif terhadap lahan yang sempit atau di daerah rawa yang rawan banjir. Begitu juga dengan berbagai jenis sayuran dapat dengan mudah ditanam dengan teknik hidroponik yang dikembangkan dengan media Styrofoam. Ini lebih murah biaya operasionalnya dan hasilnya maksimal. Harapannya dapat ikut juga dikembangkan oleh masyarakat lainnya,” jelasnya kemudian. (rls/***)

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER