Kanal

Jelang 62 Hari 14 Pebruari 2024, KPU Rokan Hilir Laksanakan Sosialisasi Tatap Muka Kepada Media Untuk Pemilu 2024

BAGANSIAPIAPI,riaupower.com - Komisi pemilihan umum kabupaten Rokan Hilir (KPU Rohil) melaksanakan sosialisasi tatap muka kepada media di kabupaten Rokan Hilir untuk pemilu tahun 2024 yang digelar di media center KPU jalan kecamatan Bagansiapiapi, Rabu (13/12/2023). Tampak hadir Ketua Supriyanto, S.Pi. M.Si (Divisi Keuangan, Umum dan Logistik), Anggota KPU Hasbullah Rambe, SH (Divisi Hukum dan Pengawasan), Anggota KPU Hendra, SE (Divisi Perencanaan, Data dan Informasi), Anggota KPU Datuk Zulhidayat, S. Ag. (Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM dan puluhan jurnalis yang bertugas di kabupaten Rokan Hilir. Dalam kesempatan ini ketua KPU Supriyanto membuka acara sosialisasi ini.

Ketua KPU Rohil Supriyanto dalam sambutannya mengatakan bahwa anggota KPU Eka Murlan tidak bisa hadir saat ini karena ada kegiatan di lain tempat. Dalam hal ini ketua KPU mengatakan bahwa sebagai KPU tentunya berkewajiban untuk mensosialisasikan tahapan pemilu.

"Hari ini 62 hari menjelang 14 Pebruari 2024 yang merupakan tahapan kampanye,"kata ketua KPU Rohil.

Dia menghimbau kepada rekan media untuk turut serta dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu. Karena dirinya sesungguhnya berkeyakinan partisipasi pemilu karena banyaknya orang yang terlibat dalam mensukseskan pemilu.

Lanjutnya mengatakan, Aktor utama dalam penyelenggaraan pemilu yakni penyelenggara, calon dan pemilih begitu juga rekan insan pers.

Insan pers sangat penting karena mensosialisasi pemilu dan juga memberikan pendidikan politik kepada masyarakat juga sebagai kontrol pemilu agar tidak ada terjadi kecurangan tahapan pemilu.

"Saya berharap peran pers dapat berpartisipasi untuk suksesnya pemilu,"ucapnya ketua Supriyanto.

Sedangkan anggota KPU Rohil Datuk Hidayat dalam kesempatan ini memperkenalkan dirinya bahwa dia merupakan PAW komisioner tua Pangabean yang kebetulan dirinya pada urutan ke 6.

"Mudah mudahan pada tanggal 14 Pebruari dapat terselenggara dengan damai dan sukses,"kata Datuk Hidayat.

Dia mengatakan bahwa peran media sangat penting bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi informasi. Dalam kesempatan ini dia mengakui baru kali ini dapat melakukan tatap muka dengan media karena selama ini banyaknya kegiatan kegiatan yang di lakukan oleh KPU.

Sementara itu anggota KPU Hendra mengatakan dirinya membawahi bagian perencanaan dan data informasi. Dikatakannya peran media ini sangat penting bagi kami. Tentunya dalam pemilu dapat memberikan pendidikan politik untuk masyarakat.

Dalam kesempatan ini dia memaparkan tahapan pemilu diantaranya perencanaan program dan anggaran, pemutakhiran data pemilu, pendaftaran dan verivikasi peserta pemilu, penetapan peserta pemilu, penetapan jumlah kursi dan dapil, pencalonan, masa kampanye, masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara, penetapan hasil pemilu, pengucapan sumpah janji.

Dijelaskannya, Data pemilih di 18 kecamatan wilayah kabupaten Rokan Hilir mengalami kenaikan berjumlah 18 persen saat ini. Kemudian itu dijelaskannya pemilih bisa pindah memilih dengan beberapa ketentuan.

Sedangkan jumlah calon tetap saat ini sebanyak 569 calon tetap dimana Zipper system' terpenuhi semuanya.

Sedangkan sekarang ini rekruitmen KPPS dan petugas pengaman TPS dimana saat ini dibuka pendaftaran hingga 20 Desember 2023 di kepenghuluan dan kelurahannya masing masing dimana jumlah KPPS yang akan di rekrut sebanyak 13.076 orang dan petugas pengamanan TPS sebanyak 3.736 orang

Kemudian itu dia juga memaparkan cara kampanye menurut pasal 26 PKPU no 15 tahun 2023. (andi gun riothallo)
 

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER